Pasca Lebaran, Satgas Drainase DPU Makassar Genjot Pengerukan Sedimentasi

  • Whatsapp

MAKASSAR – Pasca Libur Lebaran 1445 H, Satgas Drainase Dinas Pu Kota Makassar,tetap menggenjot pengerukan Sedimentasi,khususnya saluran diatas 50 cm di Kota Makassar, untuk memastikan saluran jauh dari sampah dan tersumbatnya saluran drainase.

Setiap hari, sebanyak 340 satgas Drainase Bidang PSDA Dinas Pu Kota Makassar diterjungkan ke lokasi,untuk menyisir saluran-saluran drainase kecil yang bermasalah ,tersebar di Kota Makassar.Tak hanya itu,Normalisasi Saluran sekunder tetap di optimalkan,untuk mengantisipasi Genangan Air pada saat musim penghujan terjadi.

Ronny Narra ,PPTK Oprasi dan Pemeliharaan Bidang PSDA Dinas Pu Kota Makassar menegaskan selain saluran drainase kecil, Tahun ini Saluran Sekunder tetap menjadi perhatian khusus,untuk dilakukan Normalisasi.guna mengantisipasi terjadinya Genangan Air hingga Banjir.

” Tahun ini kegiatan Normalisasi saluran sekunder,tetap di lanjutkan seperti tahun sebelumnya dengan menurunkan alat berat dan sejumlah truk,dibagi per rayon dan dilakukan secara bertahap.khususnya di kecamatan yang rawan banjir dan genangan,seperti kecamatan Mariso kedepannya.Kegiatan rutin pengerukan sedimentasi saluran kecil tetap dilakukan dengan jumlah satgas 340 orang.”Ujar Ronny Narra,PPTK Oprasi dan Pemeliharaan Bidang PSDA Dinas Pu Kota Makassar.Sabtu (20/04/2024) dikantornya.

Lanjut Ronny menambahkan guna mengantisipasi genangan air dan banjir saat musim penghujan tiba,satgas reaksi cepat penanggulangan genangan Oprasi Pemeliharaan (OP) Parrita dibentuk sejak 2023 lalu, dimana satgas tersebut berjumlah 16 orang,secara mobile memantau kondisi diwilayah rawan genangan dan banjir,juga berdasarkan aduan masyarakat.

“Sejalan dengan Oprasi pemeliharaan kami lakukan, kami menghimbau masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungannya, jangan membuang sampah sembarangan,apabila terjadi penumpukan sampah, segera melaporkan ke pihak kami, pasti kami tindaklanjuti.demi meminilisir Genangan dan Banjir di Kota Makassar” Tutupnya.

Pos terkait