⁠Peringati Hari Kanker Anak Sedunia Dep Ilmu Kesehatan Anak FK Unhas Gelar Pemeriksaan Kesehatan Anak Gratis

  • Whatsapp

MAKASSAR – Divisi Hematoonkologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakuktas Kedokteran Universitas Hasanuddin memperingati Hari Kanker Anak Sedunia, dalam momen Car Free Day, di Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Minggu (25/2/2023).

Acara diawali dengan sambutan Kepala Divisi Hematoonkologi Dr.dr.Nadirah Rasyid Ridha SpA(K) M.Kes dan sambutan Dr.dr. Aidah Juliaty A Baso, Sp.A (K) selaku Ketua Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Unhas. Acara ini dibuka Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi Dr. dr. Andi Alfian Zainuddin M.KM yang mewakili Dekan FK Unhas.

Dalam kesempatan kali ini turut hadir pasien dan kelurganya, para relawan kanker dari yayasan kanker anak indonesia (YKAKI) dan rumah harapan, dokter-dokter anak, dokter residen anak dan perawat dan juga dokter muda.

Kegiatan hari ini merupakan kegiatan kedua dari rangkaian Hari Kanker Anak Sedunia, yang setiap tahunnya jatuh pada 15 Februari.

Sebelumnya pada hari Rabu 21/2/24 telah dilaksanakan Seminar di Aula RS Wahidin Sudirohusodo, yang bertujuan agar kita lebih peka dalam deteksi dini gejala kanker dan lebih peduli terhadap anak-anak penderita kanker.

“Saat ini pasien yang dirawat di RS Wahidin Sudirohusodo tidak hanya masyarakat yang bermukim di sulawesi selatan, tetapi juga dari kalimantan, daerah lain di Sulawesi, Maluku hingga Papua. Perawatan pasien dengan penyakit kanker membutuhkan waktu yang panjang dan biaya yang cukup besar, maka dari itu diharapkan melalui kegiatan peringatan Hari Kanker Anak Sedunia ini memupuk rasa solidaritas dan keledulian tergadap anak pengidap kanker,” ungkap Dr. Nadirah yang juga Ketua Panitia seminar.

Pos terkait