Unhas Terima 323 Mahasiswa Program PMM-MBKM dari 124 Kampus se-Indonesia

  • Whatsapp

MAKASSAR – Sebanyak 323 mahasiswa program pertukaran mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diterima secara resmi di Universitas Hasanuddin. Mahasiswa tersebut berasal dari 124 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Penerimaan berlangsung pukul 09.00 Wita di Baruga A.P Pettarani, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Senin (19/02).

Turut hadir mewakili Rektor, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K) selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaa, Direktur Pendidikan (Dr. Risma Illa Maulany, S.Hut., MNatRest), Kepala Subdirektorat Pembelajaran Mandiri (Makkarennu, S.Hut., M.Si., Ph.D), para wakil dekan bidang akademik dan kemahasiswaan lingkup Unhas hingga dosen dan para mahasiswa MBKM.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Ruslin menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat datang kepada ratusan mahasiswa MBKM yang berasal dari 124 universitas di Indonesia untuk menimba ilmu yang diminatinya. Bukan itu saja, WR I Unhas menambahkan, program MBKM di Unhas tidak hanya memberikan pengalaman akademik, tetapi menjadi media mengenal karakter nusantara yang kaya akan keberagaman budaya. “Meski hanya satu semester di sini, yakin dan percayalah kehadiran kalian yang berasal dari berbagai suku dan budaya di tanah air ini akan membuat Unhas lebih berwarna,” kata Ruslin.

Lebih lanjut, Prof Ruslin menjelaskan kegiatan inbound program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) MBKM Unhas yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI diikuti secara antusias oleh mahasiswa lintas pulau. “Ini merupakan jumlah terbanyak pada Angkatan IV PMM MBKM Unhas, karena ini terbanyak saya harapkan PMM MBKM kali ini memberikan warna dan kontribusi terbaik terhadap program pemerintah ini,” harap Prof. Ruslin.

“Mulai hari ini kalian adalah mahasiswa Unhas, kami sangat bangga menerima kalian di sini. PMM MBKM angkatan IV dengan jumlah peserta terbanyak, juga memberikan kami harapan besar untuk menjadi bagian dari Unhas, memberikan inspirasi yang tentunya akan berdampak pada kualitas para mahasiswa. Semoga satu semester ini bisa terlaksana dengan baik dan memberikan insight positif,” jelas Prof Ruslin.

Menurut Kasubdit Pembelajaran Mandiri Makkarennu, S.Hut., M.Si., Ph.D, mahasiswa yang mengikuti program tahun ini juga menghadirkan mahasiswa-mahasiswa dari perguruan tinggi ternama di Indonesia, seperti Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Sumatra Utara (USU), dan Universitas Padjadjaran (Unpad). “Artinya apa, mata-mata kuliah kita di Unhas ini memiliki keunikan bagi mereka sehingga tertarik untuk pergi ke Unhas belajar,” ujarnya.

Dari 124 asal perguruan tinggi mahasiswa PMM MBKM ini, lanjut Makkarennu, ada 5 perguruan tinggi terbanyak mahasiswanya yang berminat belajar ke Unhas, yaitu: Universitas Lampung (Unila), Universitas Padjadjaran, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Jambi.

Setelah sambutan, kemudian dilanjutkan dengan penyematan simbol penerimaan mahasiswa yang dilakukan dengan pemberian Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) kepada dua perwakilan dari universitas yang dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan didampingi Kepala Subdirektorat Pembelajaran Mandiri. (*)

Pos terkait