Ekonom Senior “Rajawali Ngepret” Rizal Ramli Wafat

  • Whatsapp

JAKARTA – Ekonom senior Indonesia, yang juga mantan Menteri Perekonomian dan Menteri Keuangan era Presiden Abdurrahman Wahid, Rizal Ramli meninggal dunia, saat menjalani perawatan medis di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, sekira pukul 19.30 WIB, Selasa (2/1/2024).

Rizal yang juga pernah menjadi Kepala Bulog di jaman Gus Dur dan Menko Maritim dan Sumber Daya era Presiden Joko Widodo (2015-2016), meninggal di usia 69 tahun usai dirawat karena penyakit kanker pankreas yang dideritanya. Selain sebagai ekonom, Rizal juga dikenal sebagai tokoh berjuluk “Rajawali Ngepret” yang kerap mengkritisi pemerintah, sejak Orde Baru saat masih menjadi mahasiswa ITB, pertengahan 1970-an, hingga masa Presiden Jokowi.

Usai tamat S1 jurusan Fisika ITB, Rizal kemudian melanjutkan studi S2 dan S3 di Universitas Boston, AS. Sepulangnya ke tanah air, tahun 1991, Rizal bersama kawan-kawannya membentuk lembaga think tank di bidang ekonomi, yang diberi nama ECONIT.

Dari lembaga ECONIT inilah Rizal kemudian dikenal sebagai tokoh pemikir ekonomi tanah air, yang kerap menyumbangkan buah pikirannya untuk perbaikan kondisi perekonomian bangsa Indonesia, salah satunya saat Rizal dan tim di ECONIT meramalkan akan terjadinya krisis ekonomi pada 1997 akibat trends makro ekonomi yang tidak bagus.

Jenazah Rizal akan diberangkatkan malam ini dari RS Cipto ke kediamannya, di Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan. Keluarga dan kerabatnya tengah mempersiapkan proses persemayaman di rumah duka sebelum jenazahnya dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Rabu esok (3/1). Sebelum wafat, Rizal diketahui dirawat selama beberapa minggu di RS Cipto. Selamat jalan Sang Rajawali Ngepret!

 

 

 

Pos terkait