Tim Gabungan Polda Sulsel-Polres Gowa Ringkus 2 Spesialis Pembobol ATM

  • Whatsapp

MAKASSAR – Dua pelaku spesialis pembobol ATM di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, berhasil ditangkap oleh Resmob Polda Sulsel dan Satreskrim Polres Gowa.

Pelaku, berinisial HN (27) dan AS (45), membawa kabur puluhan juta rupiah dari tiga korban di tiga lokasi berbeda.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Komang Suartana, di Mapolres Gowa, Rabu (27/12/2023), mengatakan penangkapan dilakukan setelah menerima laporan dari masyarakat

“Saat itu para pelaku melawan petugas sehingga dilakukan tindakan tegas terukur,” ungkap Komang.

Barang bukti yang diamankan meliputi Kartu ATM, 2 lem korea, 4 baterai handphone, 1 oben, 1 gerfaji, 3 handphone, dan uang tunai Rp4 juta. Pelaku lain yang dicurigai berjumlah 3 orang masih dalam pengejaran polisi.

Komang menambahkan, kawanan spesialis pembobol ATM ini diketahui pernah beraksi di tiga lokasi ATM di wilayah Sungguminasa, Gowa, di bulan November dan Desember ini.

“Para pelaku memiliki peran masing-masing, ada juga yang bertugas memantau situasi di sekitar TKP saat rekannya beraksi membobol ATM,” tambah Komang.

Para pelaku dijerat Pasal 51 ayat (1) JO Pasal 35 Undang-undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, pasal 363 ayat (1) ke-4e KUHP Jo Pasal 64 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 12 Tahun atau denda paling banyak Rp12 Milyar Rupiah dan atau kurungan 7 tahun penjara.

Pos terkait