Ketua DPW HKHPI Sulsel: Smelter PT ITSS Tidak Boleh Beraktifitas Sampai Ada Hasil Investigasi Penyebab Kebakaran Tungku

  • Whatsapp

MAKASSAR – DPW Himpunan Konsultan Hukum Pertambangan Indonesia (HKPI) Sulawesi Selatan angkat bicara terkait kasus kebakaran di smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) yangg termasuk dalam kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (PT IMIP), di Kecamatan Bahodop, Morowali, Sulawesi Tengah, sekira pukul 05.30 Wita, Minggu (24/12/2023).

Ketua DPW HKPI Sulsel Sulaiman Syamsuddin SH, MH, meminta pemerintah melakukan penutupan sementara pengoperasian smelter PT ITSS, sambil membentuk tim investigasi untuk mengetahui penyebab kebakaran yang menyebabkan jatuhnya belasan korban jiwa karyawan PT ITSS.

“Dugaan kami kebakaran terjadi, bukan hanya karena perusahaan mengabaikan unsur keselamatan dan kesehatan kerja (K3), namun juga membiarkan para karyawannya tidak taat pada kode etik dan standar kerja K3 di perusahaannya,” ungkap Sulaiman.

Sulaiman menambahkan, pemerintah harus tegas memberi sanksi pada perusahaan-perusahaan pertambangan yang abai menerapkan standar K3 di perusahaannya, agar tidak terulang peristiwa kebakaran yang menimbulkan korban jiwa.

“Pemerintah harus memberi sanksi berat jika hasil investigasi ditemukan unsur kelalaian, selain itu perusahaan wajib memberi santunan pada keluarga korban, termasuk memberikan biaya sekolah pada anak-anak korban kecelakaan kerja,” pungkas Sulaiman.

Pos terkait