Danny Pomanto Bersama Ribuan Masyarakat Berdoa Sambut Tahun Baru Islam 1445 H

  • Whatsapp

Makassar – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, bersama puluhan ribu umat Islam dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Makassar, bermunajat doa dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H.

Danny Pomanto, sapaan akrab dari Ramdhan Pomanto, mengatakan bahwa berkumpulnya umat Islam dalam momen tahun baru ini bukan untuk berselebrasi, tetapi untuk mengumandangkan doa dan berzikir kepada Allah SWT.

Hal itu, katanya, semata-mata hanya untuk hijrah menuju kehidupan yang lebih baik sebagaimana hakikat hijrah itu sendiri.

Hijrah menuju kebaikan untuk kehidupan sendiri, keluarga, tetangga-tetangga, dan kehidupan di Kota Makassar.

Juga, hijrah merupakan kata kunci bahwa Islam adalah agama yang mampu beradaptasi dengan zaman.

Meski begitu, persoalan ibadah dan syariat tetap menjadi satu garis lurus dan tetap menjadi pondasi bersama umat Islam.

“Momen ini membuat kita kembali mengingat kisah Rasulullah dengan perjuangannya berpindah ke tempat yang lebih baik untuk menyebarkan Islam hingga sampai ke kita semua,” kata Danny Pomanto di sela-sela sambutannya dalam acara Makassar Bermunajat, Melangitkan Doa, Membumikan Kebaikan Dalam Rangka Menyambut Tahun Baru 1 Muharram 1445 Hijriah yang diadakan PCNU Makassar di Anjungan Pantai Losari, Rabu, (19/07/2023) malam.

Hal ini, lanjut dia, sejalan dengan visi misi Pemkot Makassar, yaitu slogan “Dua Kali Tambah Baik.”

“Karena hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok harus lebih baik daripada hari ini, itu intinya,” tekannya.

Ditambah lagi dengan Program Perkuatan Keimanan Umat dan Program Jagai Anakta’ oleh Pemkot Makassar, maka perwujudan Makassar dua kali tambah baik makin dekat.

Apalagi dalam Al-Qur’an sudah jelas diperintahkan bahwa masing-masing umat Islam harus menjaga dan menyelematkan diri serta keluarga mereka dari api neraka.

“Maka mari kita menjaga anak-anak kita masing-masing, meningkatkan keimanan dengan menanamkan akhlak bagi mereka, dan kembali ke masjid, kembali ke Al-Qur’an,” imbaunya.

Danny juga mengapresiasi kegiatan PCNU ini, dia mengaku Pemkot Makassar ingin menjadi bagian terdepan dalam acara keagamaan seperti ini.

Wali kota dua periode ini juga berpesan agar umat Islam terus solid untuk menuju masyarakat yang kuat, berdaya tahan secara imani, secara ekonomi, dan kuat terhadap semua cobaan, baik itu bencana alam maupun bencana sosial.

Ketua PCNU Makassar, Kaswad Sartono, dalam sambutannya mengatakan bahwa umat Islam antusias dalam acara munajat doa bersama ini.

Pihaknya juga berterima kasih kepada Pemkot Makassar atas kolaborasi yang baik antara PCNU Kota Makassar dengan Pemkot Makassar selama ini.

Dari perkiraan kehadiran yang semula 6 sampai 7 ribu orang, dia perkirakan jumlah umat muslim NU yang memadati Anjungan Pantai Losari mencapai 20 ribu orang.

Pos terkait