Fatmawati Rusdi Serukan Jangan Buang Sampah di Kanal Kota Makassar

  • Whatsapp

Makassar — Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi terlibat langsung dalam aksi kegiatan bersih-bersih di Pasar Pabaeng-baeng, Jumat (9/06/2023).

Ia turun bersama ratusan satgas yang tergabung dalam satgas kebersihan, Dinas PU, BPBD, Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, PD Pasar, Satpol PP serta Indofood.

Aksi bersih-bersih pasar ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 yang jatuh setiap tanggal 5 Juni.

Ia menyusuri pasar Pabaeng-baeng. Dimulai dari sisi pinggir kanal. Dengan memakai Toa, Fatmawati Rusdi membagi dan mengarahkan para petugas kebersihan agar lebih efisien dalam mengambil sampah yang berada di kanal.

Lalu ia masuk menyisir kompleks pasar sambil menghimbau agar para pedagang dan pembeli tidak membuang sampah langsung ke dalam kanal.

Sembari menghimbau, Fatmawati juga ikut mengambil sampah yang berserakan di dalam pasar.

“Hari ini kita punya banyak sekali PR apalagi soal persampahan. Tolong jangan buang sampah langsung ke kanal. Jagai Makassarta dari sampah berserakan. Karena ini jadi tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Kata Fatmawati, aksi bersih-bersih ini tidak sampai hari ini saja namun akan berlanjut terus menerus.

“Bukan seremoni biasa. Saya tidak suka kalau hanya datang foto-foto tapi tidak kerja. Ini aksi kita bersama menjaga lingkungan kita. Kanal kita dari sampah,” serunya.

Rencananya, besok Fatma akan turun kembali mengecek hasil kerja para satgas yang turun.

Ia berharap melalui aksi ini dapat menciptakan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Semua masyarakat sudah harus menyadari dan mencintai lingkungan jika ingin hidup dengan sehat hingga lingkungan ini dinikmati anak cucunya kelak,” imbuhnya.

Pos terkait