Pernah Jadi Ketua Timses Suhartina Bohari, Kandidat Komisioner KPU Maros Lory Hendra Jaya Dituding Tidak Netral

  • Whatsapp

MAROS – Kandidat Komisioner KPU Maros Lory Hendra Jaya, ditengarai sebagai figur yang diragukan netralitas dan kredibilitasnya sebagai calon komisioner KPU, karena sebelumnya tercatat sebagai ketua tim pemenangan Suhartina Bohari, yang saat ini menjabat Wakil Bupati Maros.

Koordinator Front Pemuda Maros Bersatu, Sampara Nojeng, mengatakan Lory sebelumnya adalah ketua tim pemenangan Suhartina Bohari saat maju di Pileg DPR RI, Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil Sulsel II, tahun 2019 lalu.

“Kami berharap sosok penyelenggara pemilu di Maros nantinya adalah figur yang menjunjung tinggi prinsip netralitas, tidak memihak pada kubu mana pun, lantas bagaimana jika sebelumnya bekas ketua tim sukses,” ujar Sampara, dalam keterangannya, Selasa (25/4/2023).

Menurut Sampara, jika Lory terpilih nantinya sebagai Anggota KPU Maros akan menjadi preseden buruk atas keberlangsungan proses demokrasi di Kabupaten Maros. Sebab, sangat memungkinkan Lory akan membawa misi khusus memuluskan tujuan politik dari pihak yang selama ini yang merekrutnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Prof. Muhammad mengingatkan netralitas adalah mahkota dari penyelenggara pemilu. Tidak sedikit penyelenggara pemilu ‘tergelincir’ akibat tidak netral atau berpihak.

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan Story Telling ‘Menjaga Kehormatan Penyelenggara Pemilu Bersama DKPP RI Menuju Pemilu Serentak Tahun 2024’ yang diselenggarakan Bawaslu Kota Palangkaraya secara daring.

Menurut Prof. Muhammad, netralitas multak dimiliki penyelenggara pemilu. Netralitas tersebut harus dimulai dari pikiran dan diwujudkan dalam sikap serta pernyataan.

“Sebagai penyelenggara tidak hanya bicara bahwa kita netral. Tetapi harus dimulai dari pikiran kemudian ditunjukkan dengan sikap dan tindakan kita sebagai penyelenggara,” ungkap Muhammad pada Jumat (25/2/2022).

Pos terkait