FK Unhas-BPJS Kesehatan Jalin Kerja Sama Utilisasi Data untuk Tri Dharma Perguruan Tinggi

  • Whatsapp

MAKASSAR – Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK-Unhas) menjalin kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dalam bidang utilisasi data bidang kesehatan. Penandatanganan kerjasama antara FK Unhas dan BPJS Kesehatan dilaksanakan di kantor pusat BPJS Kesehatan, Jakarta, Selasa, (21/3/2023).

Penandatanganan MoU kerja sama yang terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini dihadiri Dekan FK Unhas Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, Sp.PD-KGH, Sp.GK didampingi Wakil Dekan Bidang Kemitraan Riset dan Inovasi Dr. dr. Andi Alfian Zainuddin, M.KM. Sedangkan dari BPJS Kesehatan Direktur Umum dan SDM BPJS Kesehatan dr. Andi Afdal, MBA, AAK didampingi jajaran deputi, Corporate University dan Manajemen Data dan Informasi

Dalam rilisnya, Prof Haerani menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan bentuk ‘Smart Research Management’ yang telah diprogramkan sebelumnya oleh FK Unhas.

“Dengan adanya kerja sama ini kita bisa mendapatkan akses data yang sangat luas untuk keperluan penelitian dan luarannya sebagai bagian perwujudan FK Unhas yang ‘Hebat dan Smart’,” ungkap Prof Haerani.

Sedangkan menurut dr Andi Afdal, data yang ada di BPJS kesehatan sangat besar. Terdapat data sampel sekitar 57 juta sampel yang masih perlu digunakan untuk dianalisis, yang diharapkan menghasilkan berbagai luaran untuk pengembangan kebijakan kesehatan di Indonesia.

“Kerjasama dengan FK Unhas merupakan hal yang strategis untuk mewujudkan hal tersebut,” pungkas dr. Andi Afdal.

Pos terkait